Tue. May 28th, 2024

Sepeda motor dengan transmisi automatis memanglah lebih ringkas dan nyaman dikemudikan. Tinggal memuntir grip gas, motor langsung meluncur tanpa perlu mengubah gigi. Tetapi tehnologi CVT (Continuous Variable Transmission) perlu mendapatkan perhatian khusus.

Berlainan dari sepeda motor bertransmisi manual biasa. Slot resmi gacor Ada banyak hal yang penting dilakukan untuk perawatan kendaraan bertransmisi automatis terutama pada tipe transmisi CVT.

Apa beberapa ciri CVT yang perlu perawatan? Umumnya suara mesin sisi CVT kedengar kasar, mesin tersendat-sendat di saat rpm rendah. Dan cukup sedikit menyentak-nyentak seperti slip di transmisi.

Ini lumrah saja terjadi, karena CVT ialah sisi yang melanjutkan perputaran mesin ke sisi roda belakang seperti rantai. Slot resmi indonesia Tetapi karena CVT ini berbeda dengan rantai roda, karena itu perawatannya condong tidak dapat dilaksanakan sendiri karena ini memerlukan perlengkapan dan ketrampilan khusus.

CVT terdiri dua sisi yang disambungkan oleh drive belt (belt pendorong). Sisi depan terbagi dalam Drive Pulley Face (puli pendorong depan), Movable Drive Face, Weight Rollers (roller) dan Ramp Plate. Sisi belakang terbagi dalam Centrifugal Clutch (kopling sentrifugal), Movable Driven Face dan Driven Face. Puli depan biasa disebutkan puli primer dan belakangnya diberi nama puli sekunder.

Nach, berikut sebagai ketidaksamaan perawatan pada pemilik skutik dibandingkan motor biasa. Perawatan skutik tidak dapat hanya mesin saja, dengan periodik elemen transmisi otomatisnya atau CVT perlu perawatan.

Jika sampai ada permasalahan pasti dapat tidak menggembirakan. Telah larinya lambat, suaranya juga bising. Beberapa komponen itu harus jadi perhatian kebersihannya. Perlu dicheck teratur optimal enam bulan sekali (setiap 4000 Km). Dan harus bersih dari kotoran atau minyak. Jika ada kotoran yang melekat pada belt atau elemen lain akan mengusik performa CVT.

Karena tehnologi kopling kering dan roda gigi terpisahkan hasilkan temperatur mesin yang semakin lebih tinggi daripada motor biasa.

 

error: Content is protected !!